Pilih Laman

kenapa kerokan bisa membuat badan terasa lebih enak?

kerokan adalah suatu pengobatan tradisional yang berasal dari Jawa dan menggunakan benda tumpul yang digesekkan ke permukaan kulit. hal tersebut akan meninggalkan bekas warna merah dan mengikuti pola tulang rusuk di punggung atau tulang di bagian dada. cara ini dipercaya dapat menghilangkan masuk angin.

ternyata teknik ini sama dengan pengobatan tradisional yang berasal dari Asia Timur, yaitu Gua Sha. metode ini umumnya digunakan untuk mengatasi nyeri otot dan tubuh yang tegang. Gua sha juga menggunakan benda tumpul yang digesekkan ke badan, sehingga menghasilkan memar kecil atau warna merah.

cara ini dapat membantu menghancurkan jaringan parut dan jaringan ikat, serta meningkatkan pergerakan sendi. selain itu, metode ini tidak menyebabkan efek samping yang serius. walau begitu, seseorang yang memiliki kondisi medis tertentu tidak diperbolehkan mendapatkan pengobatan ini.

apakah kerokan ampuh menghilangkan masuk angin?

disebutkan bahwa metode dengan menggesekan benda tumpul pada tubuh tersebut dapat meningkatkan kadar beta endorfin secara drastis. hal tersebut disebabkan karena glandula pituitaria yang aktif pada sel keratinosit dan sel endotel kapiler. dampaknya adalah tubuh menghasilkan endorfin yang merupakan morfin alami pada tubuh.

kerokan juga ternyata ampuh untuk menekan kadar prostaglandin pada tubuh. kandungan prostaglandin adalah sebuah senyawa lemak yang merupakan hasil dari asam lemak dengan proses enzimatik. zat ini yang membuat tubuh terasa nyeri-nyeri, dan ketika menurun, tubuh akan terasa lebih segar.

kerokan juga dapat melebarkan pembuluh darah di dalam tubuh. ketika terjadi, sel-sel darah dan oksigen akan lebih mudah untuk beredar secara lancar untuk disebarkan ke seluruh tubuh. oleh sebab itu, semua organ mendapatkan pasokan oksigen dan darah yang cukup.

adakah dampak buruk setelah kerokan?

kerokan atau Gua Sha terbilang pengobatan tradisional yang terbilang aman. ketika dilakukan seharusnya tidak timbul rasa sakit, tetapi mungkin saja tampilan kulit kamu akan berubah. selain itu, dengan gesekan yang terjadi pada pembuluh darah kecil atau kapiler dapat menyebabkan bagian tersebut pecah.

dalam tahap parah, hal ini dapat menyebabkan memar kulit dan perdarahan ringan. walau begitu, memar yang terjadi dapat hilang dalam tempo beberapa hari. kulit yang terganggu tersebut dapat meningkatkan kemungkinan terjadi infeksi, sehingga kebersihan alat yang kamu gunakan harus selalu dipastikan.

beberapa orang tidak diperbolehkan untuk melakukan metode ini karena mungkin saja menimbulkan bahaya. berikut adalah beberapa orang yang tidak disarankan melakukan kerokan di tubuh:

  • seseorang yang memiliki kondisi medis yang memengaruhi kulit atau pembuluh darah.
  • seseorang yang tubuhnya terbilang mudah berdarah.
  • mengonsumsi obat untuk mengencerkan darah.
  • mengidap gangguan trombosis vena dalam.
  • mengalami infeksi, tumor, atau luka yang belum sembuh sepenuhnya.
  • seseorang yang memiliki implan, seperti alat pacu jantung atau defibrilator internal.

(sumber: google/halo doc)


nah balik lagi ke kalian, sukanya ke dokter atau cukup kerokan aja.
kalo aku pribadi lebih suka kerokan, rasanya kayak dipijit-pijit dan bosen banget minum obat terus dari kecil, udah keluar masuk rumah sakit opname sana sini.

pilih sakit karena badan atau sakit karena pikiran?

%d blogger menyukai ini: