Pilih Laman

setiap harinya selama pandemi rumah kami gerbangnya selalu digembok, karena demi keamanan juga.
hari ini tanpa sengaja aku bukain pintu gerbang untuk bapak suamik yang baru saja tiba dari kantor (ada keperluan penting jadi harus kesana) dan waktu nengok ke taman (ceileeehhh jangan dibayangin tamannya bagus bingits ya tapi ini taman ala-ala aku), disitu aku tanam cabe jepang di pot.

biasanya cabe itu berbuah sedikit dan layu pada saat diletakkan dibawah atap, sementara beberapa waktu di letakkan di bawah sinar matahari otomatis berbuah tambah banyak dan ginuk-ginuk banget. warnanya cantik yaitu hitam dan merah dan bentuknya gemeshhh pengen dicaplok sama tahu bulat! #eeh tahan tahan tahan ini cobaan, hahahahaha

cabe Jepang tidak banyak dikenal ataupun tumbuh di Indonesia. cabe ini berbentuk seperti cabe rawit pada umumnya namun yang membedakan adalah warnanya. kalo yang aku punya warna hitam dan merah.

padahal sebelumnya aku cuma iseng untuk beli tanaman ini ditempat langganan kami. pas pertama kali liat selain cantik, menarik, dan indah dipandang mata, warnanya mengkilap seperti kena semir dan lucu aja bentuk cabenya buntek alias pendek dan gemuk serta warnanya merah (mentang-mentang suka merah jadinya beli).

cabe ini memiliki manfaat yang sama seperti cabe umumnya yaitu bisa digunakan sebagai sayuran, bumbu, dan penyedap makanan lainnya. nah aku baru aja browsing beberapa khasiat dari cabe Jepang ini:

dapat mencegah stroke
warna pada cabe Jepang dikarenakan kandungan antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan dan memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengurangi kadar lemak dalam darah sehingga mengurangi sumbatan lemak yang menumpuk dalam pembuluh darah yang bisa menyebabkan stroke.

mempercepat kesembuhan luka luar
cabe ini juga memiliki kandungan vitamin C dan betakarotin. vitamin C berfungsi juga dalam regenerasi sel untuk penyembuhan luka dengan cara meengolah cabe ini melalui mengeringkan cabe Jepang ini, lalu tumbuk sampai lembut menjadi bubuk. taburkan bubuk cabe ke bagian luka yang terbuka. meskipun cabe ini terasa pedas saat dimakan, namun cabe tersebut tidak akan memberikan rasa perih, justru rasa nyeri pada luka akan semakin berkurang dan perdarahannya pun dapat berkurang. luka menjadi lebih cepat sembuh dan kering.

nafsu makan bertambah
rasa pedas yang dimiliki cabe sebagai sensasi pada mulut saat mengkonsumsinya, membuat beberapa orang menjadi ketagihan. sensasi pedas tersebutlah yang mampu meningkatkan nafsu makan seseorang sehingga asupan makanan pun menjadi lebih banyak karena perasaan nikmat yang dirasakan.

nah banyak kan manfaatnya. yukkk selagi dirumah aja mulailah menanamnya dirumah, gak perlu takut cabe ini harganya terjangkau kok dan gampang perawatannya. lumayan kan disaat masa sulit seperti ini bisa berhemat pundi-pundi dan memanfaatkan tanaman di sekitar rumah.

%d blogger menyukai ini: